strategi untuk mencari tempat Usaha |ekonoiakuntansiid
strategi untuk mencari tempat usaha
Untuk itu sebelum Anda memulai sebuha usaha, pilih terlebih dahulu
tempat usaha yang paling tepat untuk pemasaran usaha Anda. Lakukan riset
dan bandingkan beberapa pilihan tempat sebelum akhirnya Anda menentukan
lokasi yang paling strategis bagi usaha Anda. Berikut beberapa faktor
yang sebaiknya Anda perhatikan, sebagai bahan pertimbangan strategi
memilih lokasi usaha. Perhatikan beberapa uraian berikut agar semua yang ingin memulai sebuah usaha tidak terlalu mengalami penyesalan, ingat pikir dahulu apa yang akan dilakukan kaena menyesal kemudian tidak ada gunanya. Sekalipun harus diakui bahwa kalau terlalu lama berpikir kapan mulainya. Makanya harus melalui aksi nyata dengan strategi dalam menentukan lokasi usaha.
1. Tingkat kepadatan penduduk sekitar lokasi
Usahakan memilih lokasi usaha yang memiliki kepadatan penduduk cukup
tinggi. Semakin tinggi kepadatan penduduk di suatu lokasi, maka semakin
besar pula potensi pasar sebuah
usaha. Coba saja bandingkan pendapatan usaha yang lokasinya di daerah
pedesaan dengan usaha yang berada di daerah perkotaan, omset yang
diperoleh akan sangat jauh berbeda.
2. Besar pendapatan masyarakat sekitar lokasi
Besar pendapatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga mampu
mempengaruhi usaha yang akan Anda bangun. Sebab, tingkat pendapatan
masyarakat juga akan berpengaruh terhadap daya beli
konsumen. Jika Anda ingin menjalankan usaha dengan produk yang harganya
sedikit tinggi, sebaiknya pilih lokasi yang daya belinya cukup tinggi (
misalnya di kota – kota besar ). Sedangkan bila ingin menawarkan produk
dengan harga yang relative murah, tidak akan jadi masalah jika Anda
memilih lokasi usaha yang daya beli masyaratnya kurang untuk. Karena
konsumen di daerah tersebut lebih mementingkan harga murah, dibandingkan
memperhatikan kualitas produk yang dijual.
3. Memperhatikan tingkat keramaian lalu lang kendaraan yang lewat
4. Banyaknya usaha yang menduukung lokasi tersebut
Semakin banyak usaha yang ada di sekitar lokasi, maka konsumen yang
datang ke lokasi tersebut juga semakin ramai. Karena di lokasi tersebut
terdapat berbagai macam usaha yang menyediakan produk yang berbeda pula,
sehingga para konsumen lebih tertarik datang ke lokasi yang terdapat
berbagai macam usaha. Misalnya saja lokasi pasar, atau mall yang selalu
ramai pengunjung.
5. Sesuaikan dana dengan lokasi usaha yang akan dipilih
Biasanya lokasi usaha yang ada di keramaian seperti mall, atau di
pinggir jalan yang strategis harga sewanya lebih mahal dibandingkan
lokasi usaha yang kurang strategis. Untuk itu sesuaikan dana yang Anda
miliki, dengan lokasi usaha yang di pilih. Jangan memilih lokasi yang
harga sewanya mahal, tetapi ternyata tidak ramai pengunjung.
6. Pilih lokasi usaha yang tingkat kompetisinya rendah
Jika di lokasi tersebut sudah banyak usaha yang sejenis dengan usaha
Anda, sebaiknya lokasi ini dihindari. Namun jika Anda yakin karena
posisinya yang sangat strategis, Anda harus siap bersaing dengan
menciptakan inovasi baru yang dapat membedakan usaha Anda dengan usaha
lain yang sejenis.
7. Perhatikan pula akses menuju lokasi usaha
Usahakan pilih lokasi yang mudah di akses oleh para konsumen. Jika
memungkinkan, pilih lokasi usaha yang dilalui transportasi umum. Agar
konsumen yang tidak memiliki kendaraan pribadi juga bisa menjangkau
lokasi usaha Anda.
8. Tingkat keamanan yang mendukung
Lokasi usaha yang aman juga menambah kenyamanan para konsumen. Mereka
tidak akan ragu meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir, dan
bisa meninkmati pelayanan usaha Anda dengan merasa nyaman. Dengan
lingkungan yang aman, Anda bisa mengurangi resiko pencurian maupun
perusakan yang bisa terjadi pada usaha yang ada di lokasi kurang aman.
9. Dan yang ke-9 adalah, perhatikan kebersihan lokasi usaha
Konsumen tidak akan mengunjungi sebuah toko, warung ataupun sebuah
outlet yang berada di lingkungan kotor atau kumuh. Mereka akan merasa
ragu untuk membeli produk Anda. Untuk itu jaga kebersihan lingkungan
sekitar Anda, agar konsumen merasa nyaman berkunjung ke lokasi usaha
Anda.
Tips
Sebelum membuka usaha sebaiknya Anda harus mengetahui apakah bangunan
yang disewa atau yang Anda dirikan semua perijinannya sudah beres,
seperti ijin mengenai analisa dampak lingkungan ( AMDAL ), ijin
mendirikan bangunan ( IMB ), serta ijin gangguan ( HO ). Agar tidak
terjadi kejadian tidak terduga, yang akan merugikan usaha yang Anda
jalankan. Banyaknya peristiwa tempat usaha yang dihancurkan hanya karena
tidak memiliki ijin, dapat menjadi pelajaran penting bagi Anda yang
sedang mencari lokasi usaha. Salam sukses.
Sumber gambar : http://images03.olx.co.id/ui/1/88/97/15558197_1.jpg dan http://images03.olx.co.id/ui/1/88/97/15558197_3.jpg
Sumber gambar : http://images03.olx.co.id/ui/1/88/97/15558197_1.jpg dan http://images03.olx.co.id/ui/1/88/97/15558197_3.jpg