PENAWARAN BARANG / JASA
Pengertian Penawaran barang/jasa
1. Pengertian Penawaran barang/jasa
Penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ingin dijual oleh penjual (produsen) pada
berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu.
2. Jenis-jenis Penawaran
a. Penawran individu adlaha penawaran yangdilakuakn oleh satu orang penjual dan
atau produsen
b. Penawaran pasar adalah penjumlahan dari penawaran individu.
3. Hukum Penawaran
Hukum penawaran menyatakan semkain tinggi harga suatu barang semakin banyak
jumlah barang yang dibutuhkan, semakin rendah harga suatu barang semakin
sedikit jumlah barang yang ditawarkan. Hukum penawaran juga bersifat ceteris
paribus. Hal ini menunjukkan hubungan yang positif antara harga barang atua
jasa dengan kuantitas yang ditawarkan.
!Perhatikan tabel berikut ini
NO
|
Harga
( P )
|
Jumlah
( Q )
|
1
|
1600
|
4
|
2
|
1700
|
15
|
3
|
1800
|
28
|
4
|
1900
|
42
|
5
|
2000
|
55
|
Dari tabel di samping menyatakan
bahwa pada tingakt harga yang tinggi jumlah barang atau jasa yang ditawarkan
banyak, kemudian harga turun secara perlahan mengakibatkan jumlah penawaran
akan semakin menurun pula. Begitu juga kurva penawaran yang berbentuk garis dari
kiri bawah ke kanan atas atau berslope positif. Yang menunjukkan bahwa apabila
terjadi penurunan harga, maka akan disertai dengan penurunan jumlah penawaran
terhadap barang dan jasa.
4. Faktor-faktor yang Memepngaruhi Penawaran
a. Harga barang dan jasa.
b. Harga input atau biaya produksi.
c. Teknologi produksi.
d. Keuntungan yang diinginkan oleh produsen.
e. Banyaknya penjual atau pesaing.
Pergeseran Kurva Penawaran Penawaran Jika terjadi perubahan harga pada faktor-faktor yang mempeawngaruhi penawaran selain
harga, maka akan mengakibatkan kurva penawaran akan bergeser. Bahwa setiap
perubahan yang mengakibatkan pertambahan jumlah penawaran pada tingkat harga
tertentu, maka akan menggeser kurva penawaran ke kanan begitu juga apabila
setiap perubahan yang menunjukkan jumlah penawaran pada tingkat harga tertentu,
maka akan menggeser kurva penawaran ke kiri.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kurva
penawaran
a. Perubahan biaya produksi.
b. Teknologi yangdigunakan.
c. Harapan mendapatkan laba.
d. Harapan masa yang akan datang.
Kurva Penawaran barang /jasa
Tabel Penawaran Barang / Jasa