DISTRIBUSI BARANG| Ekonomiakuntansiid
DISTRIBUSI BARANG|
Ekonomiakuntansiid
Barang yang telah diproduksi oleh
produsen dan beberapa jenis kegunaan harus diciptakan agar semua barang
produksi dapat memenuhi kebutuhan kita. Produsen telah menciptakan keginaan
bentuk. Akan tetapi , bagi konsumen masih lebih dari kegunaan bentuk saja,
yakni barang yang dihasilkaan dapat tersedia pada waaktu dan ditempat yang
sesuai dengan kebutuhan orang yang memakai barang tersebut. Brang-barang yang
dihasilkan tidak akan berguna jika tidak disalurkan atau didistribusikan kepada
semua pihak yang membutuhkannya pada saat yng tepat. Jadi selain produksi juga
sangat diperlukan adanya distribusi. Skalipun dalam pendistribusian barang
tidak semudh untuk membalikkan telapak tangan sehingga dengan demikian
perantara dalam distribusi juga sangat dibutuhkan.
Berdasar dari uraian tersebut
barangkali ada benarnya kalau penulis mempertanyakan , apakah itu distribusi,. Apakah
itu perantara dalam distribusi /perdagangan. Agar tulisan ini lebih terarah dan
bermanfaat bagi pembaca. Dengan tujuan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan
kepada seluruh yang ingin menambah wawasan
mengenai distribusi dan perantara dalam perdagangan.
Distribusi Barang atau Jasa
Pengertian Distribusi
Distribusi adalah semua kegiatan yang ditujukan untuk
menyalurkan barang-barangan dan jasa dari produsen (dunia usaha) menuju
konsumen. Para konsumen dapat memperoleh barang – barang dan yang dibutuhkan jika
barang itu telah diantar oleh penyalur ketempat pembeli atau yang
membutuhkannya. Kenapa, karena kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan cara
yang baik dan tepat apabila peningkatan produksi diimbangi dengan distribusi
barang yang lancar dan teratur. Sebab bagaimanapun juga masyarakat merasa puas
ketika dapat memperoleh barang kebutuhannya dengan mudah dan tepat waktu. Juka
produsen memang betul-betul ingin meningkatkan polumen penjualan maka pelayanan
terhadap pembeli harus ditingkatkan sampai batas-batas yang lebih
menguntungkan. Kapan tidak dilakukan pelayanan dengan baik maka saingan pasti
akan bermunculan. Makanya itu distribusi dengan tepat pada tempat atau wilayah
terdekat pada konsumen adalah suatu kemutlakan. Untuk memudahkan distribusi diperlukan
perantara yang tepat.
Perantara Dalam Distribusi/Perdagangan
Pengertian perantara dalam
distribusi/perdagangan, merupakan bagian dari distributor dalam rangka
mempermudh produsen untuk menyalurkan barang-barang atau jasa ketempat konsumen atau pembeli.Selain itu
perantara juga mempermudah konsumen untuk memperoleh barang atau jas yang
dibutuhkan. Sebab dalam bidang perekonomian , masalah konsumsi, produksi, dan
distribusi merupakan masalah yang sngat signifikan karena ketiganya terletak
pada titik pemenuhan kebutuhan masyarakat. Artinya berada pada penyebab
kepuasan masyarakat atau ketidak puasan masyarakat. Barang – barang sebagian
didistribusikan melalui pasar.
Pasar adalah tempat bertemunya
seluruh orang – orang yang berhubungan dengan jual beli barang atau jasa.
Dengan demikian penjualan barang merupakan suatu usaha perdagangan. Oleh karena
itu perantara dalam distribusi barang dari produsen ke konsumen pada umumnya dapat
dikelompokkan menjadi empat golongan Yakni; pedagang,perantara khusus,
eksportir dan importir, dan lembaga-lembaga pembantu dalam proses distribusi.
Dari uraian singkat tersebut diatas
brangkali penulis tidak berlebihan jika meberi kesimpulan sementara mengenai
distribusi.
Distribusi adalah semua kegiatan
yang ditujukan untuk menyalurkn barang-barang atau jasa dari produsen
kekonsumen dalam rangka memberi pelayanan maksimal guna memudahkan konsumen
untuk mendapatkan barang-barang atau jasa yang dibutuhkan.